Cara Membuat Vas Bunga dari Bambu

cara membuat vas bunga unik dari bambu

Apakah kamu ingin memperindah ruangan dengan hiasan bunga? Biasanya kamu menggunakan vas jenis apa untuk menempatkan bunga tersebut? Kaca? Selain kaca nyatanya daya tarik bambu sebagai vas juga cukup membuat banyak orang jatuh hati. Sudah tahu cara membuat vas bunga dari bambu atau belum? Jika tertarik untuk membuatnya, kamu sudah berada di artikel yang tepat.

Ya, pada pembahasan kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuatnya dan apa saja persiapan yang diperlukan. Sebelum lebih lanjut, simak juga cara membuat bunga dari sedotan plastik.

Apakah persiapan itu penting? Tentu saja. Tanpa persiapan matang tentu saja kamu akan kesulitan. Persiapan ditujukan agar proses membuat vas berjalan lancar tanpa ada kekurangan juga hambatan. Tenang saja, persiapan ini hanya terdiri dari dua hal saja. Apa saja persiapan itu?

Persiapkan alat yang dibutuhkan

gambar cara membuat vas bunga dari bambu

Persiapan pertama yang perlu kamu lakukan ialah menyiapkan alat-alat dan anyaman yang dibutuhkan. Perlu diketahui, alat yang digunakan dalam pembuatan vas juga gak rumit. Semua alat ini memiliki fungsi agar kerajinan nanti lebih bagus dibuat.

Siapkan pisau

Pisau menjadi salah satu alat yang akan cukup sering digunakan. Nantinya pisau akan digunakan untuk memotong bambu kering yang ingin dijadikan sebagai vas. Usahakan untuk menggunakan pisau yang tajam ya. Agar tidak ada kesulitan kala ingin memotong bambu. Meskipun begitu, kamu perlu berhati-hati kala menggunakannya ya.

Siapkan penggaris

Alat untuk bikin vas dari bambu selanjutnya yang kamu butuhkan ialah penggaris. Untuk apa penggaris? Tentu saja untuk mengukur bambu yang akan dijadikan sebagai vas bunga. Menggunakan penggaris tentu akan membuat hasilnya lebih rapi. Hal itu dikarenakan ukurannya juga menjadi sesuai dengan keinginan kita.

Siapkan gergaji

Selain pisau dan penggaris, kamu juga membutuhkan gergaji. Nantinya gergaji akan menjadikan kamu lebih mudah dalam proses pemotongan bambu secara melingkar. Penggunaan gergaji dapat menjadikan bambu terpotong sesuai rencana awal kamu.

Persiapkan bahan yang dibutuhkan

cara membuat vas bunga dari anyaman bambu

Setelah persiapan pertama selesai yakni alat-alat sudah ada maka lanjutkan ke persiapan kedua. Persiapan kedua ini ialah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Apa saja bahan-bahan yang kiranya kamu butuhkan? Berikut bahan-bahan tersebut ialah:

Siapkan bambu hitam

Bahan ini menjadi bahan utama yang perlu kamu siapkan. Memang benar jika penggunaan bambu apa saja tidak menjadi masalah. Hanya saja penggunaan bambu hitam jauh lebih baik dibandingkan jenis lainnya. Hal itu dikarenakan bambu hitam dapat memberikan warna alami yang benar-benar cantik dibandingkan bambu jenis lain.

Siapkan lem

Bahan untukmembuat vas bunga dari bambuselanjutnya yang dibutuhkan ialah lem. Lem digunakan untuk mengelem atau merekatkan potongane bambu. Nantinya potongan-potongan bambu tersebut akan digunakan sebagai hiasan vas bunga. Adanya hiasan tersebut tentu saja menambah kesan indah.

Siapkan amplas

Ketika kamu ingin membuat vas bunga dari bambu tentu saja amplas menjadi bahan yang cukup penting. Amplas tersebut nantinya akan digunakan untuk memperhalus permukaan bambu. Terlebih lagi, amplas juga sangat berguna untuk membuat permukaan hiasan bambu menjadi lebih halus.

Bagaimana? Persiapan alat dan bahan sudah dilakukan? Untuk membuat vas bunga tentu saja kedua persiapan tersebut harus dilakukan. Sebelum melanjutkan ke tahap pembuatan, pastikan alat dan bahan sudah ada semua ya.

Cara membuat vas bunga dari bambu dan gambarnya

artikel cara membuat vas bunga dari bambu

Setelah semua bahan dan alat terkumpul, kamu bisa langsung membuat vas. Bagaimana caranya? Apakah kamu belum tahu? Jika belum yuk ikuti saja langkah-langkah di bawah ini hingga selesai!

Potong bambu

Langkah membuat vas bunga dari bambupertama ialah potong bambu untuk digunakan sebagai badan vas. Potong bambu sepanjang satu ruas. Jika sudah dipotong, biarkan salah satu ruas tertutup dan ruas lainnya potong. Hal ini tentu agar bambu dapat dijadikan vas untuk meletakkan bunga.

Potong kembali salah satu ruas

Langkah kedua ialah buka satu penutup ruas dan potong lagi. Potong kira-kira sekitar 1.5 hingga 2 cm secara melingkar. Lakukan sebanyak lima ksli putaran atau sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Tujuan melakukan langkah ini ialah untuk mendapatkan beberapa lingkaran bambu.

Potong lingkaran menjadi 3 hingga 4 bagian

Langkah selanjutnya ialah potong lingkaran bambu tersebut menjadi 3-4 bagian. Nah, kamu juga bisa langsung membuang kulit bambu ysng berwarna hitam.

Bagi badan vas menjadi tiga bagian

cara membuat vas bunga unik dari bambu

Kamu masih ingat dengan bambu yang akan digunakan sebagai badan vas bunga? Nah, bagian imi dapat kamu bagi menjadi tiga bagian. Bagian bawah, bagian tengah dan bagian atas. Nah untuk bagian bawah dan atas dapat kamu hilangkan kulit bambu yang berwarna hitam itu. Sedangkan bagian tengah tak perlu dihilangkan.

Pasang potongan-potongan bambu

Selanjutnya, bagian bambu yang sudah dipotong kecil sebelumnya itu bisa kamu tempel ke bagian bawah dan atas vas bunga. Gunakan lem kayu untuk merekatkannya. Pasang secara melingkar juga menutup bagian bambu yang sudah dikelupas kulitnya.

Amplas bagian bambu yang tak ada kulitnya

Untuk membuat permukaan vas bunga dari bambu terlihat bagus kamuperlu mengamplasnya. Setelah selesai mengamplasnya maka vas bunga bisa langsung digunakan.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuat vas bunga tersebut? Selain itu, membuat vas bunga dari bambu juga memberikan beberapa keuntungan dan kebaikan. Apa saja? Misalnya saja:

  • Dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik.
  • Dapat menghasilkan barang berkualitas dengan biaya yang rendah.
  • Menghemat pengeluaran karena membuat vas secara mandiri.
  • Dapat menjualnya jika kamu mau.

Ide desain vas bunga dari bambu yang menarik

Desain unik dengan gaya bambu merambat

Ide vas ini rasanya cukup menarik untuk dibuat. Nantinya kamu bisa membuat vas bunga dengan hiasan bambu merambat di sekelilingnya. Bambu dengan warna cokelat tentu saja dapat menampilkan kesan natural pada ruangan dengan sangat baik. Berikan atau masukkan bunga ke dalam vas untuk memperindah ruangan.

Desain sederhana tapi terlihat indah

Membuat vas sederhana tanpa menggunakan banyak dekorasi juga menjadi hal baik. Bahkan kamu dapat menonjolkan tampilan bambu yang seakan masih asli. Desain yang seperti ini tentu cukup bagus digunakan meski sederhana tapi masih tampak indah.

Desan vas gantung mempercantik dinding beserta gambar

Ide vas bunga dari bambu selanjutnya juga bisa kamu buat menyerupai pot gantung. Jadi, kamu dapat memberikan beberapa lubang sekaligus dalam satu bambu. Vas seperti ini tentu akan jauh lebih cocok dan indah jika diletakkan di area depan rumah.

Desain vas dengan konsep modern

Ide selanjutnya ialah kamu dapat membuat vas dengan tampilan modern. Warna hitam pada bambu tentu menjadikan vas lebih terlihat elegan. Selain itu, lubang yang terletak di tengah vas juga menjadikan tampilan tampak berbeda.

Desain vas dari bambu berkarakter

Desain ini sangat unik karena di bagian bawah ditambah kaki. Sehingga vas dapat berdiri dengan baik. Penggunaan vas seperti ini tentu saja menambah kesan menarik pada rumah kita.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat vas bunga dari bambu. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

You May Also Like

About the Author: markosufirman